Jumat, 02 Desember 2016

[Praktikum beton pekan ke -6] Kelompok 3 – Uji Kuat Tekan Beton 28 Hari - Alya Rismayanti

Pada praktikum 6, kami melakukan uji kuat tekan beton usia 28 hari. Sama seperti uji kuat tekan sebelumnya, telah terlebih dahulu dilakukan curing dan capping pada beton silinder. 
Berikut hasil uji kuat tekan beton usia 28 hari dan terlampir data uji kuat tekan beton usia 7 dan 14 hari sebagai perbandingan.





Berdasarkan percobaan yang telah penulis lakukan, diperoleh data kuat tekan beton saat umur 7, 14, dan 28 hari seperti yang tertera pada grafik diatas. Dari grafik tersebut, dapat disimpulkan bahwa kekuatan tekan beton meningkat seiring dengan bertambahnya umur beton. Kekuatan maksimal beton diperoleh saat beton berusia 28 hari.
Dari tabel 5.1 juga diperoleh bahwa kuat tekan beton maksimum yang dapat penulis capai yaitu 169,285 kg/cm2. Hasil tersebut tidak memenuhi kuat tekan beton yang direncanakan yaitu 175 kg/cm2. Dengan begitu diperoleh bahwa penulis hanya mampu memenuhi 96.7% dari kuat tekan beton yang direncanakan.
Tidak tercapainya nilai tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya, kesalahan praktikan dalam melakukan percobaan, agregat kasar yang sebenarnya tidak layak pakai seperti yang sudah tertera pada posting sebelumnya, dan beberapa kesalahan perhitungan.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

Dengan berakhirnya uji kuat tekan beton, maka berakhir pula laporan praktikum ini, yey!
Semoga serangkaian laporan praktikum ini bisa bermanfaat :)




Best regards, Kelompok 3

Alhamdulillah lulus praktikum BBL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar